Selasa, 25 Februari 2014

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ALAT/CARA PROMOSI

PERIKLANAN
Kelebihan :
  • Periklanan memung­kinkan produsen untuk mengulang pesan dari produknya berkali-kali kepada     konsumen.
  • Memungkinkan pembeli menerima dan membandingkan pesan dari berbagai pesaing.
  • Periklanan memberikan peluang untuk mendramatisasi perusahaan dan produknya melalui penggunaan cetakan, suara, dan warna yang penuh seni.
  • Jangkauannya luas, dan dapat dilihat oleh banyak orang
  • Dapat menjadi cermin perusahaan dengan menunjukkan besarnya perusahaan dilihat dari mutu, ukuran, media yang digunakan dan frequensinya.
  • Pembeli lebih percaya kepada iklan karena lebih banyak pembaca/penonton dan pendengarnya (kredibilitas tinggi).
  • Untuk media cetak, bisa disimpan dalam waktu yang lama atau berumur panjang.
  • Mempermudah terjadinya positioning product karena iklan dilihat oleh seluruh orang dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mempermudah dalam menyampaikan suatu produk dan membuat konsumen mengerti dan paham akan produk tersebut.

Kekurangan:
  • Biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk sebuah iklan cukup besar.
  • Seringkali sebuah iklan diabaikan oleh konsumen karena sering menumpuk dengan iklan-iklan yang lain
  • Iklan hanya mampu melakukan monolog, bukan dialog dengan konsumen. Jadi, konsumen tidak bisa menanggapi secara langsung teerhadap iklan tersebut.


PENJUALAN PERSONAL
Kelebihan:
  • Mencakup hubungan yang hidup, lang­sung dan interaktif antara dua orang atau lebih. Masing-masing pihak dapat mengobservasi reaksi dari pihak lain dengan lebih dekat.
  • Memungkinkan timbulnya berbagai jenis hubungan mulai dari hubungan penjualan sampai hubungan persahabatan.
  • Penjualan personal membuat pembeli merasa berkewajiban untuk mendengarkan dan menanggapi penjual (attensi dan respon)
  • Merupakan tahapan lanjutan dari periklanan utk membangun preferensi, keyakinan dan keputusan membeli dari pelanggan.
  • Lebih memungkinkan untuk menyampaikan pesan yang kompleks mengenai suatu produk yang tidak dapat disampaikan melalui iklan.
  • Dapat mendesain cara penyampaian pesan yang berbeda sesuai dengan situasi dan kondisi audience.

Kekurangan:
  • Diperlukan sales representatives yang banyak, biaya2 personil dan perjalanan tinggi.
  • Hanya dapat menjangkau sedikit konsumen potensial dan relatif mahal.
  • Sulitnya mendapatkan salesperson yang memiliki kualifikasi sesuai kebutuhan perusahaan.


PROMOSI PENJUALAN
Kelebihan:
  • Promosi penjualan menarik perhatian dengan meinberikan informasi yang dapat mengarahkan konsumen ke produk bersangkutan.
  • Mampu meningkatkan jumlah penjualan produk lama dengan menciptakan nilai tambah pada produk tersebut.
  • Memadukan sejumlah unsur kebebasan, dorongan, atau kontribusi yang diarahkan untuk memberi nilai tambah bagi konsumen.
  • Efektif digunakan sebagai media pengenalan produk
  • Dibarengi oleh komunikasi dari mulut ke mulut oleh konsumen sebelumnya

Kekurangan:
  •  Pengaruhnya tidak lama karena antusiasme konsumen hanya bersifat sementara
  •  Tidak terjadi hubungan yang akrab antara produsen dengan konsumen


PEMASARAN LANGSUNG
Kelebihan:
  • Ditujukan kepada orang-orang tertentu saja
  • Pesan yang disiapkan dapan disesuaikan untuk lebih menarik orang yang akan dituju
  • Pesan dapat disiapkan dengan sangat cepat
  • Pesan dapat diubah tergantung tanggapan dari orang yang dituju tersebut
  • Biaya yang dikeluarkan jauh lebih efektif mengingat penjualan yang dilakukan adalah penjualan yang berulang (repeat sales) dengan target pasar yang cukup jelas
  • Dapat dilakukan melalui berbagai jenis bentuk media, feedback dapat diperoleh langsung dari konsumen, serta kegiatan riset harga, promosi, dan penentuan waktu dapat dengan mudah dilakukan.
  • Database konsumen dapat dengan mudah dibentuk  sehingga dapat diraih penjualan yang berulang dari satu pelanggan.
  • Kesempatan untuk membentuk hubungan jangka panjang dengan konsumen dapat dilakukan melalui database konsumen yang sudah ada.

Kekurangan:
  • Promosi langsung yang dilakukan lewat pengiriman surat misalnya, konsumen yang ditelepon setiap saat ataupun penawaran lewat sales dapat menimbulkan citra negatif dimata konsumen terutama saat konsumen membutuhkan privacy atau tidak mau diganggu. Peran perusahaan dalam melihat saat yang tepat bagi konsumen merupakan solusi masalah ini
  • Tingkat ketepatan daftar yang digunakan untuk menunjuk target market yang dituju terkadang terlalu rendah, karena daftar yang digunakan tidak sesuai dengan target market yang disasar oleh perusahaan.
  • Diperlukan fasilitas dan sarana yang cukup memadai misalnya fasilitas telepon on-line, SDM yang handal dan menguasai informasi suatu produk/jasa dimana perusahaan mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk menyediakan fasilitas tersebut.
  • Semakin lama harga-harga untuk iklan yang menggunakan media direct mail makin mahal, sehingga banyak yang beralih menggunakan media internet.


MERCHANDISING
Kelebihan:
  • Mempercepat produk sampai di tangan konsumen dengan memberikan identitas atau entitas perusahaan (produsen).
  • Biaya yang dikeluarkan lebih sedikit
  • Target pasar sudah jelas
Kekurangan:
  • Hanya untuk konsumen yang menggunakan produk
  • Mudah terabaikan, konsumen mudah beralih ke produk yang lain karena mungkin produk tersebut lebih memuaskan dan sesuai dengan keiinginan mereka


HUBUNGAN MASYARAKAT
Kelebihan:
  • Cerita dan gambaran mengenai beritanya lebih otentik dan dipercaya oleh pembaca dibandingkan dengan iklan.
  • Dapat menjangkau banyak calon pembeli yang cenderung menghin­dari wiraniaga dan iklan.
  • Memiliki kemampuan untuk mendramatisasi suatu perusahaan atau produk.
  • Biaya yang dikeluarkan relatif rendah
  • Lebih terpercaya karena berasala dari lembaga formal atau orang yang dikenal
Kekurangan:
  • Pemuatan informasi tergantung pada kebijakan redaksi masmedia, isi informasi tidak dapat dikontrol.

1 komentar: