Senin, 17 Maret 2014

Analisa SWOT pada Pusat Oleh-oleh Bali

Khrisna Oleh-oleh Bali

Strength :
·         menawarkan berbagai macam jenis makanan kecil khas Bali, kerajinan tangan, bed cover, pernak pernik, tas kreasi, silver, lukisan, seni pahat, anyaman khas Bali, dan masih banyak produk-produk hasil karya para pengrajin Bali, yang tidak kalah menariknya yaitu beranekaragam design T-Shirt kartun tentang Bali yang merupakan produksi sendiri yang unik, lucu, dan menarik.
·         sebagian besar  produk adalah buatan sendiri.
·         lokasi strategis, karena outlet Krisna Oleh-oleh Bali tersebar di beberapa daerah di Denpasar seperti di Tuban, Sunset Road, Nusa Kambangan, dan sekarang juga sudah merambah ke daerah luar Denpasar seperti Singaraja.
·         Dari segi pelayanan sangat ramah, dan lebih mengutamakan kenyamanan dari para pengunjung (konsumen)
·         Selain pelayanan yang ramah, tempatnya juga sangat bersih dan tersusun dengan rapi sehingga para pembeli dapat dengan mudah menemukan barang yang mereka cari. Selain itu juga tempat belanja Krisna oleh-oleh bali ini memiliki cirri khas Pulau Dewata Bali yang menarik para konsumen
·         Krisna oleh-oleh bali juga menyediakan beberapa fasilitas bagi konsumen seperti ruang tunggu, restoran, musola, dan food corner.
·         Keamanan dari krisna oleh-oleh bali dilengkapi dengan adanya CCTV di setiap sudut ruangan

Weakness :
·         Harga setiap produk merupakan harga tetap yang tidak bisa ditawar
·         Akses menuju Krisna Oleh-oleh Bali masih terbilang sulit dikarenan jalanan Denpasar yang macet
·         Tempat parkir di beberapa outlet Krisna masih terbilang sempit

Opportunity :
·         Untuk mengakses informasi mengenai Krisna Oleh-oleh Bali lebih mudah dengan adanya website www.krisna.co.id
·         Tempat yang strategis
·         Berlokasi di Bali dimana banyak wisatawan yang datang ke Bali

Threat :
·         Banyaknya pusat oleh-oleh lain di Bali seperti Erlangga dan Jogger
·         Masih banyak wisatawan yang lebih memilih datang ke pasar tradisional seperti Pasar Seni Sukawati karena harga disna relatif murah dan bisa ditawar.


Erlangga

Strength :
·         Erlangga satu adalah salah satu toko oleh-oleh di Denpasar yang menjual berbagai jenis produk untuk oleh-oleh. Dimulai dari pakaian anak kecil hingga pakaian orang dewasa, seperti: celana, baju kaos, daster, baju barong, dan lain-lain; terdapat juga aneka model tas, sandal, ikat pinggang, dan berbagai souvenir, serta lukisan yang sangat identik dengan Bali sebagai salah satu pulau terindah di dunia
·         Selain Erlangga 1, toko Erlangga membuka cabang lain yang bernama Erlangga produk yang dijualpun sama, Namun bedanya, di Erlangga 2 kita lebih leluasa berbelanja, selain karena tokonya yang luas, produk yang dijualpun lebih banyak.
·         Cocok bagi para rombongan tour karena parkir yang disediakan luas
·         Selain parkiran yang luas, adapun beberapa fasilitas lain yang disediakan toko ini, seperti food court, mushola, dan pijat refleksi, adapula tempat untuk mengepak barang belanjaan yang rawan rusak, seperti lukisan, dan beberapa produk lainnya.
·         Harga dari produk yang dijual termasuk murah berkisar dari Rp 5.000,- hingga Rp 300.000,- dan kualitas produknya walaupun bukan yang nomer 1 tetapi cukup baik dan nyaman untuk dikenakan

Weakness :
·         Sama seperti di Krisna, harga disini merupakan harag tetap dan tidak bisa ditawar
·         Jika dibandingkan Krisna, parkir yang disediakan di erlangga 1 masih cukup sempit

Opportunity :
·         Cabang erlangga 2 yang terletak di tempat yang lebih strategis serta lahan parkir yang lebih luas

Threats :
·         Sebelum dibukanya toko Krisna, Erlangga ini sangat terkenal untuk membeli oleh-oleh. Tapi setelah toko Krisna ini buka, maka pengunjung pun tersedot ke Krisna. Dari segi harga maupun produk yang tersedia, mirip dengan Krisna.


Pasar Seni Sukawati

Strength :
·         Telah berdiri semenjak tahun 1980 dan sudah dikenal di seluruh dunia
·         Terletak di daerah Gianyar, sekitar 1 jam dari Denpasar. Terdapat Sukawati 1 dan Sukawati 2 (sekitar 5 km dari Sukawati 1)
·         Harga yang ditawarkan lebih murah, dan dapat ditawar 1/3 dari harga awal
·         Penjual disini mengharapkan ‘penglaris‘ untuk membawa keberuntungan untuk dagangan mereka. Penglaris adalah pembeli pertama, jadi kalau Anda pembeli pertama. Anda dapat menekan harga dibawah harga pasaran, karena mereka pantang untuk tidak terjadi transaksi pada pembeli pertama
·         Pasar ini menjual berbagai kerajinan seni khas Bali seperti sandal manik-manik, pakaian, tas, lukisan, patung kayu dan lain – lain
·         Pasar Sukawati bebas copet. Hal ini berkaitan dengan konsep Kharma Pala yang dianut masyarakat Bali. Penjual di Pasar Sukawati tidak berani mengambil barang milik tetangganya atau barang-barang pengunjung karena mereka percaya bahwa nanti akan ada balasan yang lebih kejam.
·         Memiliki daya tarik wisata yang tinggi karena pasar sukawati masih sangat tradisional

Weakness :
·         Tempatnya terlalu luas dan banyak kios-kios yang menawarkan barang dengan harga murah dimana hal ini dapat membuat konsumen kebingungan
·         Karena ramai pengunjung membuat tempat ini menjadi penuh sesak selain itu tidak ada fasilitas seperti AC
·         Banyak juga penjual yang menarik harga lebih tinggi dari harga aslinya kepada konsumen yang tidak pintar dalam tawar-menawar

Opportunity :
·         Pasar sukawati merupakan pasar tradisional yang telah berdiri sangat lama dan terkenal di kalangan wisatawan mancanegara.
·         Memiliki daya tarik tersendiri yang memikat wisatawan luar negri untuk datang ke sini

Threat :
·         Semakin banyaknya pusat oleh-oleh yang bermunculan seperti Krisna dan Erlangga dimana mereka memiliki fasilitas yang lebih baik
·         Penataan pasar yang masih kacau dan penuh sesak
·         Persaingan ketat yang terjadi antar penjual


Kesimpulan:

Dari analisis SWOT diatas, Krisna memiliki keunggulan lebih dibandingkan dengan Erlangga dan Pasar Sukawati. Jika dibandingkan dengan Erlangga, Krisna memiliki fasilitas dan tingkat kenyamanan yang tinggi bagi konsumen, mulai dari lahan parkir yang luas, hingga keamanan yang dilengkapi dengan cctv. Sebenarnya Erlangga hampir sama dengan Krisna, tapi masyarakat cenderung lebih mengenal Krisna daripada Erlangga karena promosi dari Krisna cukup kuat yaitu didukung dengan adanya website yang membantu konsumen dalam mencari informasi seputar krisna.
Sedangkan untuk Pasar Seni Sukawati, memang sudah memiliki nama yang dikenal oleh wisatawan mancanegara, namun karena tempat dan fasilitas yang disediakan masih terbilang kurang dan tidak nyaman maka msyarakat lebih memilih untuk berbelanja di Krisna atau Erlangga.

3 komentar: